MENGENAL TEKNOLOGI YAMAHA BLUE CORE

Menambah tenaga tidak selalu harus dengan memperbesar kapasitas mesin.

Di ajang Indonesia Motorcycle Show (IMoS) 2014 lalu, Yamaha mengumumkan bahwa mereka memiliki teknologi baru yang diberi nama Blue Core. Teknologi ini disebut-sebut akan diterapkan pada semua tipe Yamaha yang dijual di Indonesia.

Satu tipe yang sudah dikonfirmasi akan menggunakan teknologi ini adalah Mio 125 Blue Core, diluncurkan akhir November. Sebenarnya, apa itu Blue Core dan bagaimana teknologi ini bisa membuat motor menjadi lebih irit hingga 50 persen?

Menurut berita yang dilansir dari situ Overdrive.in, Blue Core sebenarnya adalah konsep perancangan mesin dan sasis yang sudah dilakukan Yamaha sejak dua tahun lalu. Tujuan utama konsep ini adalah untuk memaksimalkan energi yang dihasilkan mesin.

Berdasarkan fakta, dari 100 persen energi yang dihasilkan oleh pembakaran mesin tidak semuanya bisa disalurkan ke roda belakang. Energi ini banyak terbuang menjadi bentuk panas dan gesekan. Inilah yang berusaha dioptimalkan oleh pihak Yamaha dengan teknologi Blue Core.

Ada tiga kunci utama teknologi Blue Core, yakni membuat bobot menjadi lebih ringan, pelepasan panas lebih baik dan mengoptimalkan pembakaran. Bobot motor bisa lebih ringan dengan cara mengubah desain sasis dan mengganti komponen mesin dengan bahan yang lebih ringan.

Pada beberapa tipe motor, kapasitas mesin bahkan sedikit turun untuk mengurangi gesekan yang terjadi saat piston bekerja naik-turun. Meski kapasitas mesin dikurangi sedikit, namun karena gesekannya berkurang maka tenaga yang dihasilkan bisa saja tidak berubah, malah mungkin justru meningkat.

Pembakaran juga dibuat lebih sempurna dengan mengubah desain katup dan injektor bahan bakar. Dengan pembakaran yang mendekati sempurna emisi gas buang yang dihasilkan juga semakin sedikit, sehingga lebih ramah ke lingkungan.

Terakhir, agar panas mesin dapat dilepas dengan cepat maka Yamaha mendesain sirip pelepas panas lebih banyak dan rapat. Selain itu, sistem pendinginan mesin yang menggunakan oli dan air juga makin disempurnakan agar energi yang dihasilkan mesin tidak banyak terbuang menjadi energi panas.

kelebihan mesin dengan teknologi blue core :

  • Meningkatkan efisiensi diruang bakar (increasing combustion efficiency), Proses pembakaran disempurnakan sehingga bahan bakar lebih hemat, stabil dan efisien. Selain itu performa juga meningkat…..dengan perangkat-perangkat pendukungnya didapat dari menjaga suhu mesin lebih stabil…sistem rendah gesekan yang mengurangi kehilangan tenaga berlebih. Kisi-kisi silinder lebih rapat dan tipis serta oil jet piston cooler yang berfungsi melepas suhu panas di ruang bakar. Dikombinasikan dengan teknologi khas Yamaha berupa DiASil Cylinder dan forged piston yang diklaim 3 kali lebih awet dari silinder dan piston konvensional, 3 kali lebih kuat karena terbuat dari alumunium dan silikon dan 3 kali lebih ringan dari besi.
  • Mereduksi kehilangan tenaga mulai dari piston dan seluruh komponen pendukung, Penyempurnaan meliputi bagian pengaturan katup dan bentuk komponen serta membuat ruang bakar lebih kompak. Alhasil blue core engine diklaim lebih minim gesekan didinding silinder, noise & vibrasi jauh berkurang dan output power terdongkrak
  • Membuat supply bahan bakar terkontrol dan presisi

Sumber : VIVAnews dan cicakkreatif

Iklan

Tentang novrizalbinmuslim

teacher
Pos ini dipublikasikan di Otomotif dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s