Pengertian Engine Top Overhaul “ ETO”

ETO adalah pembongkaran komponen mesin bagian atas (tipe sport) atau bagian depan pada mesin sepeda motor tipe bebek. Yaitu komponen yang ada di dalam cylinder head dan atau blok cylinder. ETO atau servis besar dilakukan bila ada kendala atau kerusakan pada bagian tersebut, misalnya:

1)      Penggantian atau servis“ sekir” katup.

2)      Penggantian komponen mekanisme katup; camshaft, rocker arm, seal katup, sitting katup, katup, pegas katup, gir sentris, rantai camshaft, tensioner rantai camshaft.

3)      Penggantian komponen piston; piston set (piston, ring, circlip, pin piston) karena piston terluka atau ring sudah kendur.

4)      Bore up (pembesaran diameter dalam blok cylinder) dilakukan bila piston diganti ukuran yang lebih besar karena liner blok cylinder sudah tergores sehingga kompresi bocor, atau untuk kebutuhan lain seperti kompetisi, dll..

 

Langkah-langkah ETO

1)       Melepas karburatordan filter udara.

2)       Melepas pijakan kaki depan.

3)       Melepas knalpot.

4)       Melepas cylinder head,pastikan piston pada posisi top kompresi dengan cara memutar poros engkol sebelah kiri berlawanan arah jarum jam sampai tanda “ T” terlihat tepat pada lubang pengintai dan tanda di gear centris juga tepat dengan tanda yang ada pada cylinder head. Kendurkan baut yang ada di rocker arm in dan ex, lepas tensioner rantai camshaft, lepas gear centris. Langkah-langkah ini untuk motor 4 tak, sedangkan untuk motor 2 tak, cylinder head dapat langsung dilepas karena tidak terdapat komponen- komponen seperti pada motor 4 tak.

5)       Melepas blok cylinder, setelah cylinder head terlepas blok cylinder bisa terlepas dengan mudah dengan menariknya saja.

6)       Melepas piston, lepas circlip pada piston kemudian tarik pin piston maka piston akan terlepas dari stang piston.

7)       Untuk penggantian rantai chamshaft dilakukan langkah pembokaran left cover atau magneto.

8)       Semua hal diatas harus dilakukan dengan special tools terutama pada pembongkaran dan pelepasan katup dan magnet. Apabila tidak menggunakan special tools, maka besar kemungkinan dapat terjadi resiko kerusakan pada komponen- komponen tersebut.

Iklan

Tentang novrizalbinmuslim

teacher
Pos ini dipublikasikan di Otomotif. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s