Baterai

Eurobat

Baterai Komponen ini berfungsi menyediakan arus tegangan rendah 12 Volt untuk ignition coil. Baterai ialah elektrokimia yang dibuat untuk mensuplai listrik ke sistem starter mesin, sistem pengapian, lampu-lampu, dan komponen lainnya. Alat ini menyimpan energi listrik dalam bentuk energi kimia yang dikeluarkan bila diperlukan dan mensuplainya ke masing-masing sistem kelistrikan. Siklus pengisian dan pengeluaran terjadi secara terus menerus. a. Kontruksi Baterai. Di dalam baterai terdapat elektrolit asam sulfat elektroda positif dan elektroda negatif dalam bentuk pelat. Ruangan dalamnya dibagi menjadi beberapa sel dan di dalam masing – masing sel terdapat beberapa elemen yang terendam dalam elektrolit.

a.1. Elemen Baterai. Antar pelat-pelat positif dan negatif masing-masing dihubungkan oleh pelat strap. Ikatan pelat positif dan negative dipasang secara berselang-seling yang dibatasi oleh separator dan fiberglass, penyusunan pelat ini tujuannya memperbesar luas singgungan antara bahan aktif dan elektrolit agar listrik yang dihasilkan besar.

DSC_0000474

Gambar 1. Elemen Baterai

a.2. Elektrolit. Elektrolit baterai adalah larutan asam sulfat dengan air sulingan, berat jenis elektrolit pada baterai dalam keadaan terisi penuh adalah 1.260 atau 1.280 (pada temperatur 20º C). Elektrolit yang berat jenisnya 1.260 mengandung 65% air sulingan dan 35% asam sulfat, sedangkan elektrolit yang berat jenisnya 1.280 mengandung 63% air dan 37% asam sulfat.

image027 image020

Gambar. 2 Pengukuran Elektrolit

a.3. Kotak Baterai. Kotak baterai di dalamnya dibagi menjadi 6 ruangan atau sel, di dalamnya terdapat tanda permukaan atas dan bawah. Posisi pelat ditinggikan dari dasar dan diberi penyekat, tujuannya agar tidak terjadi hubungan singkat.

image022

Gambar. 3 Kotak Baterai

a.4. Sumbat Ventilasi. Sumbat ventilasi adalah tutup untuk lubang pengisian elektrolit, bertujuan untuk memisahkan gasa hydrogen keluar lewat lubang ventilasi sedangkan uap asam sulfat mengembun pada tepi ventilasi dan menetes kembali ke bawah.

image023

Gambar.4 Sumbat Ventilasi

Iklan

Tentang novrizalbinmuslim

teacher
Pos ini dipublikasikan di Otomotif. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s