Jaminan Sosial Kesehatan Bagi Guru Swasta .

Jamsostek-baru

Seorang guru merupakan seorang manusia yang tak luput dari rasa sakit dan lelah dalam menjalankan tugas profesinya. Profesi guru merupakan sebuah pekerjaan yang menafkah keluarga. Dalam hati dan pemikiran seorang guru terdapat fikiran terhadap anak dan istrinya di hari – hari mendatang. Seorang guru dalam hatinya memiliki kebahagiaan bila keluarganya dalam keadaan sejahtera baik lahir maupun batiniah.

Guru swasta adalah seorang guru yang mengabdikan dirinya pada lembaga pendidikan swasta, yang notabene di didrikan oleh swadaya swasta. Seorang guru swasta di gaji oleh fihak yayasan swasta. Dan gajinya tergantung pada banyak dan sedikitnya siswa yang mendaftar dan bersekolah di lembaga pendidikan swadaya masyarakt tersebut. Sebagaimana telah kita ketahui dan telah menjadi rahasia umum, kalau tidak semua pimpinan lembaga swasta yayasan tersbut yang memiliki kepedulian terhadap kesejahteraan guru. Bahkan ada yang memperbudak guru dengan berbagai alasan, seperti siswa yang sedikit, kebutuhan pembangunan sekolah, dll. Seorang guru swasta hanya punya 2 pilihan mau terima lanjut, tidak suka, harap mundur. Memang ada beberapa yayasan yang memasukkan pegawai dan gurunya dalam program jaminan sosial, hal ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja guru tersebut sehingga menjadi lebih baik lagi. Namun kebanyakan takut mengeluarkan sejumlah uang untuk program tersebut karena menganggap pemborosan.

Bila seorang guru di dukung oleh asuransi ataupun jaminan sosial, tentunya guru akan dapat bekerja dengan baik. Fikirannya tidak bercabang saat menghadapi siswa, tidak diliputi emosi saat menjalankan tugas, dan berusaha bertindak bijak sebagai seorang guru dan mampu meningkatkan profesionalismenya.

Pada saat ini pemerintah telah menetapkan PT ASKES dan JAMSOSTEK sebagai BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan sosial), diharapkan akan ada perhatian pemerintah nantinya untuk memasukan guru kedalam program jaminan sosial. Sehingga guru bisa menjalankan tugas profesionalnya menjadi lebih baik lagi. Amin……!.

Seorang guru tentunya tidak menginginkan diri selalu diliputi rasa sakit, namun bila pada suatu waktu tertentu ia menderita sakit, maka harus ada fasilitas kesehatan yang menunjangya sampai ia mampu menjalankan tugsnya sebagai guru. Bila seorang guru swasta tidak dapat berharap dengan yayasan yang menaunginya tentunya Pemerintah bisa memfasilitasinya sehingga pendidikan anak bangsa berjalan dengan baik dengan seorang guru yang sehat.

Iklan

Tentang novrizalbinmuslim

teacher
Pos ini dipublikasikan di Pendidikan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s