SERTIFIKASI GURU DAN GURU SWASTA

guru-swastaGuru merupakan sebuah profesi pengabdian kepada dunia pendidikan dan masyarakat. Guru adalah orang yang pada konsepnya adalah di gugu dan di tiru.

Di era reformasi, profesi guru mendapat perhatian dari pemerintah. Hal ini dikarenakan tercapainya kemajuan suatu negara itu dilandasi oleh baiknya pendidikan di negara tersebut. Hal di contohkan oleh negara jepang dimana pemerintahnya mengalakkan dan mengutamakan kemajuan pendidikan di bandingkan dunia politik. Sehingga muncullah sertifikasi Guru. Tujuan dari sertifkasi guru adalah untuk memajukan dunia pendidikan di Indonesia melalui kesejahteraan guru. Selain itu untuk mengurangi kesenjangan antara guru negeri dan guru swasta. Tapi pada kenyataannya, Hal ini sangat bertolak belakang sertifikasi guru merupakan ajang bagi pejabat instansi pemerintah untuk mengeruk kekayaan yang lebih banyak dari para guru yang akan di sertifikasi maupun yang telah di sertifikasi dengan pungutan liar yang hanya mampu di berikan guru yang punya penghasilan besar dan tidak guru yang berpenghasilan kecil atau mereka yang menginginkan kejujuran dan keterbukaan dalam seleksi Sertifikasi Guru. Banyak dari mereka yang hanya bisa pasrah hanya menjadi guru yang tidak bersertifikasi karena mereka tidak memiliki kekayaan untuk bisa memberikan sejumlah uang kepada pejabat negara dalam hal ini adalah pegawai negeri yang duduk dikursi administrasi pemerintahan terutama di Dinas pendidikan daerah. Sementara perguruan tinggi tempat pembinaan guru hanya bisa menutup mata ketika daftar nama – nama guru yang disertifikasi tidak sesuai yang ada pada mereka. Selain itu guru negeri mendapat tunjangan lebih banyak dari guru swasta karena mereka lebih dahulu di inpasing, sementara guru swasta harus neko-neko dengan pegawai pemerintahan baru bisa di inpasing dengan cepat, kalau tidak harus menunggu sampai berakhirnya sertifikasi guru.

imagesketimpangan hal tersebut, apakah kita bisa mengatakan bahwa sertifikasi guru untuk kesejahteraan guru, meningkatkan pendidikan bermutu. Dapat dikatakan sertifikasi guru ini merupakan ajang sebuah bisnis permainan bagi guru yang nakal, dengan sebuah ungkapan “Duit Mencari Duit”. Walau bagaimanapun sertifikasi guru merupakan suatu titik tolak bagi guru didalam meningkatkan profesionalnya sebagai seorang pendidik yang pada masa sekarang ini tugasnya semakin meningkat dan penuh tantangan hal itu untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan negara. sertifikasi guru merupakan angin segar bagi guru, baik negeri maupun swasta. sertifikasi guru dapat dikatakan sebagai pendapatan tambahan bagi guru swasta yang pada umumnya berhonor rendah. disamping itu tunjangan sertifikasi guru mendorong guru meningkatkan mutu pengajarannya melalui penguasaan teknologi informasi untuk diterapkan dalam proses pembelajaran.

setelah mendapatkan tunjangan guru, banyak guru membeli Laptop dan ada sebagian besar yang disimpan dan di kumpulkan untuk investasi seperti membeli tanah dan rumah dan ada untuk membeli sepeda motor. kesemuanya itu mungkin wajar. karena selama ini guru swasta banyak yang naik sepeda ke sekolah bagi yang dekat bahkan ada yang sewa sepeda motor orang lain jika sekolahnya jauh. serta banyak guru swasta yang tinggal dirumah sewa dan masih nompang sama orangtua dan mertua. perlu rasanya pemerintah memikirkan untuk memnciptakan program perumahan murah bagi guru swasta yang selama ini hanya di nikmati guru negeri dan pegawai bergaji tinggi. kenapa begitu…..? kalau kita telusuri CPNS/ASN setelah diangkat jadi pegawai negeri/aparatur negara di buktikan dengan keluarnya SK pengangkatan dapat meminjam puluhan bahkan ratusan juta rupiah ke Bank dengan pembayaran angsuran bisa beli rumah tipe 45 bahkan 56. dan biasanya mereka selalu ditawari marketing Bank untuk ambil kredit dibank tersebut dengan berhubungan dengan bendahara keuangan sekolah potong gaji sesuai angsuran yang di sepakati dan bisa cari tambahan di sekolah lain.  nah bagaimana dengan guru swasta, SK pengangkatan Guru swasta mana yang bisa di gadaikan untuk dapat mengambil sejumlah uang yang di butuhkan guru swasta tersebut untuk memenuhi kebutuhan hidup nya dan keluarganya seperti investasi beli rumah. sedangkan gajinya saja pas – pasan.937097543-sertifikasi

saat ini gaji guru swasta itu bergantung yayasan mau mengaji berapa. banyak sedikitnya siswa kadang tetap sama. terkadang yayasan memperkaya dirinya dulu baru mikirin gaji gurunya. sehingga guru swasta hatinya selalu miris. terkadang pas lebaran jangankan mengharapkan THR, gaji saja keluar sudah syukur kali itulah yang dicukupkan untuk biaya berhari raya.

oleh karena itu, perlu perhatian guru terhadap guru swasta yang rata – rata masih berpenghasilan rendah. terutama penciptaan program perumahan bagi guru swasta dengan nilai angsuran murah dan terjangkau. selain itu pemerintah diharapkan bisa memfasilitasi guru – guru swasta bisa mendapatkan pendidikan dan latihan guna menunjang pengetahuan dan kreativitas guru ke arah yang lebih baik lagi. guru swasta ini di harapkan bisa di berikan kesempatan untuk mengembangkan pendapatan/incomenya melalui kewirausahaan. sebagaimana kita ketahui bahwa motivasi guru swasta untuk jadi PNS/ASN masih sangat besar karena hal – hal tersbut diatas. sertifikasi guru bisa menjadi langkah awal bagi guru untuk menambah incomenya menjadi lebih baik lagi. guru tidak hanya mengajar tapi harus berwirausaha dan jadi pengusaha karena hanya itulah satu – satunya jalan untuk kehidupan yang lebih baik dan lebih adil lagi.

yang namanya kebutuhan uang,harta dan dunia tidak akan pernah ada cukupnya, bila kita diberikan gunung emas pasti kita ingin gunung emas yang lainnya. tapi rasa syukur lah yang bisa membimbing kita menjadi orang yang lebih kaya. karena ukuran kekayaan bukan harta tapi adalah hati yang selalu bersyukur atas segala nikmat. kita dikatakan kaya karena kita masih bisa berbagi dengan yang lain. tidak akan berkurang harta kekayaan orang bersyukur. kesehatan, kelapangan hati, dan kebahagiaan hidup, teman yang peduli adalah harta yang tak ternilai.

dalam hidup ini kita diwajibkan berusaha kemudian berdoa sehingga apa yang kita nikmati dan kita nafkahi pada keluarga lebih berkah dan menghasilkan generasi sholehah dan berakhlak mulia. seperti kata petuah berusahalah kamu seakan hidup seribu tahun dan beribadahlah selalu seakan mati esok hari.

mungkin kata bimbingan agama inilah yang bisa jadi penyejuk bagi guru – guru swasta yang masih belum tersertifikasi. tapi jangan berkecil hati anda pasti akan di sertifikasi. sebelum itu persiapkan diri anda sehingga ketika anda menghadapi sertifikasi ini, anda telah siap dan menjadi guru yang lebih profesional lagi.

wassalam

Iklan

Tentang novrizalbinmuslim

teacher
Pos ini dipublikasikan di Pendidikan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s